Selasa, 24 April 2012

Contoh Laporan Observasi PPLK di SMP 4 Pariaman

BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan salah satu perguruan tinggi di Sumatera Barat yang lulusannya diprioritaskan sebagai tenaga pendidik. Untuk melahirkan guru yang berkompeten,dan profesional UNP mewajibkan mahasiswanya yang mengambil jalur kependidikan untuk mengikuti Program Praktek Lapangan Kependidikan (PPLK). Program praktek lapangan kependidikan ini dilaksanakan selama satu semester atau kurang lebih enam bulan.
Program praktek lapangan kependidikan merupakan ajang pelatihan untuk penerapan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam melaksanakan “Prajabatan Keguruan”. Lebih lanjut, PPLK merupakan kegiatan Intrakulikuler yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan kependidikan yang tujuannya untuk membentuk calon guru yang diharapkan mampu memahami dan menguasai seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai serta sikap dan pola fikir yang menjadi syarat untuk profesi guru.
Penempatan mahasiswa PPLK tersebar diluar dan didalam daerah Sumatera Barat pada sekolah-sekolah pada tingkat pertama (SLTP), tingkat atas (SMA) dan kejuruan (SMK). Penempatan mahasiswa PPLK ini ditetapkan atau diatur oleh pihak UPPL UNP.
Tujuan Observasi
            Tujuan dalam melaksanakan observasi ini adalah untuk memenuhi persyaratan dalam mata kuliah program pengalaman lapangan kependidikan di Universitas Negeri Padang semester Juli – Desember 2010 dan sebagai bukti bahwa mahasiswa calon guru telah melakukan observasi disekolah latihan.
2. Ruang Lingkup
              Laporan ini dibuat berdasarkan program pengalaman lapangan kependidikan yang dilakukan penulis, mencakup program microteaching yang dilaksanakan oleh jurusan-jurusan yang ada di Universitas Negeri Padang, khususnya jurusan Teknologi Pendidikan. Kegiatan microteaching salah satu kegiatan mengajar meliputi melaksanakan dan merencanakan kegiatan praktek lapangan ke sekolah latihan. Kegiatan non teaching yang dilaksanakan antara lain kegiatan ekstrakurikuler yang ada pada sekolah latihan ini, dilaksanakan di luar jam proses Belajar Mengajar (PBM) berlangsung.

3. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan
              Berdasarkan yang disebutkan diatas bahwa dalam melaksanakan praktek lapangan sangat perlu bagi seorang calon guru, karena praktek pengalaman lapangan sangat berguna untuk:
1.    Mengetahui dan menyadari masalah-masalah yang dihadapi pada proses belajar  mengajar.
2.    Membentuk pribadi yang mempunyai sikap dan  nilai-nilai pengetahuan serta pengalaman yang dibutuhkan oleh seorang guru saat terjun pada profesi yang sesungguhnya.
3.    Melengkapi tugas kuliah dalam mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan
4.    Mengalami langsung bagaimana proses belajar mengajar yang sebenarnya sebagai pengalaman berharga.

4. Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan
              Pelaksanaan praktek pengalaman lapangan kependidikan mahasiswa UNP Sumbar sudah diatur sedemikian rupa baik mengenai Dosen Pembimbing, Guru pamong, sekolah tempat PL, maupun jadwal pelaksanaannya yaitu di mulai  tanggal 2 Agustus sampai 24 Desember 2010 di jemput kembali oleh UPPL yang terdiri dari beberapa tahap yaitu:
1.    Tahap Penyerahan Awal
              Mahasiswa peserta praktek lapangan kependidikan  diserahkan oleh Rektor Universitas Negeri Padang kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Pariaman yang kemudian diserahkan kepada kepala sekolah tempat PL.
2.    Tahap Penyambutan dari Sekolah
              Mahasiswa peserta praktek lapangan disambut oleh pihak sekolah yang menjadi tempat latihan.
3.    Tahap Observasi
              Peserta Praktek Pengalaman Lapangan kependidikan mengadakan observasi dengan pamong dan memperkenalkan mahasiswa PPL ke kelas mengajar, lingkungan sekolah, serta sarana dan prasarana sekolah.
4.    Tahap Latihan Mengajar
              Para Mahasiswa Praktek pengalaman lapangan melakukan latihan mengajar di kelas dibawah bimbingan Guru Pamong dan dosen pembimbing. Tahap latihan mengajar ini diawali dengan mengajar terbimbing dengan guru pamong yang dimulai pada tanggal 20 September sampai 30 Oktober 2010, dan tahap yang kedua yaitu tahap mengajar mandiri yang dilakukan pada tanggal 1 November sampai 11 Desember 2010.

5. Lokasi Observasi
              Berdasarkan ketetapan dari UPPL (Unit Program Pengalaman Lapangan) yang dikeluarkan melalui Surat Keputusan Rektor UNP untuk semester Juli-Desember 2010, penulis ditempatkan melaksanakan praktek lapangan di SMPN 4 Pariaman.
              Di sekolah tersebut kami ditugaskan sebanyak 8 orang dengan rincian sebagai berikut :
1.        Tiga orang dari jurusan Pendidikan Olahraga
2.        Dua orang dari jurusan Teknologi pendidikan
3.   Dua orang dari jurusan Teknologi Pendidikan Konsentrasi Teknologi Informasi dan komunikasi
4.        Satu orang dari jurusan Pendidikan Seni Rupa
BAB II 
PEMBAHASAN
1.      Observasi Pengenalan Lapangan dan Lingkungan Sekolah
1.1  Sekilas mengenai SMPN 4 Pariaman
Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pariaman (SMPN 4 Pariaman) berasal dari SKP YPW   (Sekolah Kejuruan Putri Yayasan Pendidikan Wanita ) yang berstatus sekolah swasta. Kira-kira pada tahun 1969 / 1970 SKP di ubah statusnya menjadi sekolah negeri yang bernama SKKP (Sekolah Kejuruan Kepandaian Putri).
 SKKP berlokasi di depan kantor Bupati Padang Pariaman, karena lokasi SKKP kecil maka SKKP dipindahkan ke Rawang. Pada tanggal 1 April 1974 berintegrasi menjadi SMPN 4 Pariaman. Dan pada tanggal 1 April 1974 tersebut,  SK diberikan kepada SMPN 4. Sekolah pindah secara keseluruhan ke SMPN 4 Pariaman pada tahun 1981. Penerimaan murid baru pertama pada tahun 1976 yang mana siswanya gabung antara SKKP dengan SMP. Kelas 2 dan 3 siswa SKKP sedangkan kelas 1 siswa SMP. Kepala sekolah SMPN 4 Pariaman yang pertama adalah kepala sekolah dari SKKP.
              SMPN 4 Pariaman sejak berdiri tahun 1974 telah mengalami pergantian pemimpin atau kepala sekolah sebanyak 6 kali, yaitu:
1.   Ibu Sabarti  (1970-1993)
2.   Mardjohan. BA (1993-2002)
3.   Drs.Syamwir Ali (2002-2005)
4.   Khairil Amri S.Pd (2005-2006)
5.   Japemar S.Pd M.Pd (2006-2009)
6.   Nirmala Aswita S.Pd (2009 – sampai sekarang)
1.2  Visi SMP Negeri 4 Pariaman
·      Menjadi potret sekolah idaman, bernuansa keunggulan dan optimalisasi sumber daya
1.3   Misi SMP Negeri 4 Pariaman
·      Melaksanakan pembelajaran secara intensif dengan berorientasi kepada pengembangan potensi dan kompetensi peserta didik
·      Melaksanakan pengembangan bakat den keterampilan peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler yang seimbang dan relevan
·      Mengembangkan system manajemen partisipatif dan terpadu
·      Mengembangkan kualifikasi tenaga edukatif dan administrative
·      Meningkatkan mutu sarana dan prasarana dan lingkungan menuju suasana kondusif dan dinamis
1.4   Personalia SMPN 4 Pariaman
Struktur organisasi dan personalia SMPN 4 Pariaman tahun    ajaran 2010/2011:
Kepala Sekolah                                  :  Nirmala Aswita S.Pd
Wakasek UR Kurikulum                   :  Rosleniwati M.Pd
Wakasek UR Kesiswaan                   :  Syafrizal S.Pd
Kepala UR Tata usaha                       :  Efiyenti S.Sos
Jumlah guru                                       :  54

                Jumlah kelas
     Kelas VII                                      :  223 orang
     Kelas VIII                                    :  258 orang
     Kelas IX                                       :  215 orang

Jumlah seluruh personil sekolah ada sebanyak 54 orang.
Keadaan Personil Sekolah
No
Nama
golongan
Bidang Studi
1
Nirmala Aswita S.Pd
IV a
Seni Budaya
2
Nurhasmi S.Pd
IV b
Bahasa Indonesia
3
Marlis G
IVa
BK
4
Ulfah BA
IV a
KTM
5
Zaidar BA
IV a
Bahasa Inggris
6
Emiyarti S.Pd
IV a
Ekonomi
7
Yurnita SE
IV a
Ekonomi
8
M.Gafur S.Pd
IVa
Fisika
9
Supriati S.Pd
IV a
Matematika
10
Hj. Yusma Dewita S.Pd
IV a
Pkn
11
Evaviarni S.Pd
IV a
PKN
12
Aswirman S.Pd
IV a
BAM / TIK
13
Maiharti S.Pd
IV a
Seni Budaya / TIK
14
Sulastri S.Pd
IV a
Bahasa Indonesia
15
Hj. Yusnimar
IVa
BAM
16
Yunisma S.Pd
IV a
Bahasa Indonesia
17
Rosleniwati M.Pd
IV a
Bahasa Inggris
18
Neldawati S.Pd
IV a
Fisika
19
Dra. Rani Gusti M.Pd
IV a
Geografi
20
Dra. Nurliana
IV a
BK
21
Lilis Sukmawati S.Pd
IV a
Sejarah
22
H. Baharuddin
IV a
Olahraga
23
Ema Budiati S.Pd
IV a
Olahraga
24
Yondri M.Pd
IV a
Bahasa Indonesia
25
Eli yarni S.Pd
III d
Matematika
26
Syafrizal S.Pd
III d
Biologi
27
Afriati BA
III d
Agama
28
Yendrayeti S.Pd
III d
Matematika
29
Yusma Ahmad BA
III d
Agama
30
Hasnah S.Pd
III d
Sejarah
31
Arnayeti S.Pd
III d
Matematika
32
Ilda Wirdati
III d
Matematika
33
Kartini
III d
Seni Budaya
34
Nila Wartini S.Pd
III d
Seni Budaya
35
Kornida S.Pd
III d
Bahasa Inggris
36
Haida Buchari S.Pd
III d
Biologi
37
Ismarihati S.Pd
III d
Bahasa Inggris
38
Edward
III d
Fisika
39
Ernayenti S.Pd
III d
BK
40
Akmaluddin MSS
III d
BAM
41
Husni Rahmiyati S.Kom
III d
TIK
42
Yuni Rosnelita S.Pd
III d
Ekonomi
43
Erita Hidayati S.Pd
III c
PKN
44
Sofiadi S.Pd
III b
Bahasa Inggris
45
Reni Yofita
III b
Bahasa Inggris
46
Masyuda S.Si
III b
Biologi
47
Syawal S.Pdi
III a
Agama
48
Fajri Andriani S.Pdi
III a
Alquran
49
Andalusiana fitri S.Pd
III a

50
Yeni wati SP
-
Biologi
51
Yusni Bakar
III a
geografi
52
Ida wahyuni S.Pd
II d
Matematika
53
Wismarina S.Pd
-
TIK
54
Islamawati



              Di SMPN 4 Pariaman jumlah lokal berjumlah 19 lokal, dimana masing-masing lokal terbagi kedalam beberapa kelas diantaranya adalah :
1.                 Kelas VII berjumlah 6 lokal
a.     VII1
Jumlah siswa  :  37 siswa
Laki-laki         :  19 orang
Perempuan      :  18 orang
b.    VII 2
Jumlah siswa  :  36 siswa
Laki-laki         :  21 orang
Perempuan       :  16 orang
c.     VII 3
Jumlah siswa  :  38 siswa
Laki-laki          :  19 orang
Perempuan      : 19 orang
d.    VII 4
Jumlah siswa  :  37 siswa
Laki-laki         :  19 orang
Perempuan       :  18 orang
e.     VII 5
Jumlah siswa      :37 siswa
Laki-laki         :  20 orang
Perempuan       :  17orang
f. VII 6
jumlah siswa    : 38 siswa
laki-laki            : 20 orang
perempuan       : 18 orang

2.      Kelas VIII berjumlah 7 lokal terdiri dari :
a.     VIII 1
Jumlah siswa   :  34 siswa
Laki-laki          :  10 orang
Perempuan       :  24 orang
b.    VIII 2
Jumlah siswa   :  37 siswa
Laki-laki          :  17 orang
Perempuan       :  20 orang

c.     VIII 3
Jumlah siswa   :  38 siswa
Laki-laki          :  17 orang
Perempuan       :  21 orang
d.  VIII 4
Jumlah             :  37 siswa
Laki-laki          :  19 orang
Perempuan       :  18 orang
e.  VIII 5
Jumlah siswa   :  37 siswa
Laki-laki          :  20 orang
Perempuan      :  17 orang
f.      VIII 6
Jumlah siswa   : 38 siswa
Laki-laki          : 19 orang
Perempuan       :19 orang
g.     VIII 7
Jumlah siswa   : 37 siswa
Laki-laki          : 17 orang
Perempuan       : 20 orang
3.      Kelas IX berjumlah 6 lokal terdiri dari:
a.     IX 1
Jumlah siswa   :  35 siswa
Laki-laki          :  9 orang
Perempuan       :  26 orang
b.    IX 2 
Jumlah             :  32 siswa
Laki-laki          :  9 orang
Perempuan       :  23 orang
c.     IX 3
Jumlah siswa   : 37 siswa
Laki-laki          : 17orang
Perempuan       : 20 orang
d.    IX 4
Jumlah Siswa       :37 siswa
Laki-laki               :17 orang
Perempuan            :20 orang
e.     IX 5
Jumlah siswa        :37 siswa
Laki-laki              :17 orang
Perempuan            :20 orang
f. IX 6
jumlah siswa          :37 siswa
laki-laki                  :17 orang
perempuan             :20 orang
1.5        Sarana dan Prasarana
              Saat ini SMPN 4 Pariaman telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai dalam rangka kelancaran pelaksanaan proses belajar mengajar. Sarana dan prasarana merupakan faktor utama dalam proses belajar mengajar.
a. data tanah
kepemilikan tanah                             : milik Negara
luas tanah                                          : 8.275 m2
luas tanah terbangun                         : 1.800 m2
luas tanah siap bangun                      : 600 m2
b. gedung sekolah
Dimana terdiri dari beberapa ruangan yaitu:
1.    Ruangan kepala sekolah             :        1 buah
2.    Ruang majelis guru                     :        1 buah
3.    Ruang tata usaha                        :        1 buah
4.    Ruangan perpustakaan               :        1 buah
5.    Ruangan komputer                     :        1 buah
6.    Ruangan UKS                            :        1 buah
7.    Lab.IPA                                     :        2 buah
8.    Ruang Serbaguna /aula               :        1 buah
9.    Ruangan bimbingan konseling   :        1 buah
10.                                    Lapangan upacara                :        1 buah
11.Koperasi                                     :        1 buah
12.                        Mushalla                                     :        1 buah
13.                        Kamar mandi / wc guru             :        3 buah
14.                        Kamar mandi / wc siswa            :       8 buah
15.                        PMR /Pramuka                           :        1 buah
16.                        OSIS                                          :        1 buah
17.                        Lapangan Olahraga                    :
a.    Bola basket                        :          1 buah
b.    Bola volley                        :         1 buah
c.    Takraw                              :          1 buah
18.                         Ruangan belajar                        :        19 buah
-       Kelas VII sebanyak 6 lokal
-       Kelas VIII sebanyak 7 lokal
-       Kelas IX sebanyak 6 lokal.
1.6   Interaksi sosial
              Hubungan sosial secara keseluruhan antara guru dengan siswa pada umumnya baik, saling berinteraksi satu sama lain sehingga terjalin komunikasi yang baik pula. begitu juga dengan komunikasi antara guru dengan guru, dan dengan mahasiswa PL serta siswa dengan siswa juga terlihat baik dan akrab, tidak hanya dalam ruang kelas tapi juga di luar kelas.
1.7     Tata tertib
              Seperti sekolah lainnya SMPN 4 Pariaman selalu berusaha meningkatkan kedisiplinan dengan baik. Baik kepada siswa, guru juga kepada pegawai lainnya. Mulai masuk jam 07.30 WIB bunyi lonceng jam 07.15 WIB dan berakhir pada jam 13.00 WIB, siswa dituntut untuk berpakain rapi sesuai dengan aturan sekolah, baju seragam putih biru, ikat pinggang hitam, sepatu hitam, kaos kaki putih, rambut pendek bagi laki-laki, dan menggunakan jilbab bagi perempuan.
a.      Seragam guru
· Senin                       : Kuning Pemda
· Selasa                      : Kuning Pemda
· Rabu                       : Kuning Pemda
· Kamis                      : Batik
· Jumat                      : baju kurung dan baju koko
· Sabtu                       : baju bebas dan rapi
b.      Seragam siswa
· senin, selasa, rabu   : putih biru
· kamis, jumat            : baju kurung dan baju koko
· sabtu                       : pramuka
c.       Pelanggaran
· untuk siswa             : peringatan,panggilan orang tua,          
                                 dikeluarkan
· untuk guru              : teguran, peringatan
· untuk pegawai        : teguran, peringatan
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
              Kegiatan praktek lapangan kependidikan terdiri dari 2 kegiatan yaitu kegiatan teaching dan non teaching. kegiatan teaching yaitu kegiatan dari proses belajar mengajar itu sendiri seperti : kegiatan latihan mengajar terbimbing dan latihan mengajar mandiri. Sedangkan kegiatan non teaching berupa upacara bendera, piket sekolah (piket PBM, piket pustaka, dan juga mengikuti kegiatan ekstra kulikuler).
              Dalam kegiatan observasi ini banyak memberikan informasi mengenai bagaimana keadaan atau kondisi suatu sekolah tempat latihan, sehingga kita dapat mengenal lebih jauh mengenai sekolah. Selain itu juga memberikan informasi bagaimana kondisi dilapangan yang sesungguhnya, yang akan kita hadapi selama kita melakukan latihan mengajar disekolah.
B. Tanggapan / Saran
              Selama melakukan observasi dan perkenalan lingkungan di SMP N 4 Pariaman, mahasiswa PLK diterima dengan baik, dan diberikan pengarahan baik dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarana, dan kepala TU, serta bimbingan dari guru pamong yang akan membimbing kita selama latihan mengajar di sana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar